TinyURL Menambah Fasilitas Custom URL

Monday, July 14, 2008

Masih adakah yang belum mengenal TinyURL? Penyedia layanan URL cloaking paling terkenal, yang memungkinkan kita menyingkat URL yang panjang menjadi pendek atau juga untuk menyembunyikan URL aslinya seperti link afiliasi. Saat ini, penyedia layanan serupa saya lihat sudah banyak karena aplikasi untuk membuat layanan seperti ini sudah beredar luas, namun sepertinya belum menggoyahkan kepopuleran TinyURL.

Sebelumnya, ketika memasukkan URL yang akan dikonversi pada TinyURL, pengguna akan diberikan URL pendek yang otomatis diberikan oleh TinyURL yang bagian belakangnya merupakan sederet karakter tanpa arti, contohnya seperti http://tinyurl.com/2tt2vx. Menjadi pendek memang, tetapi kelemahannya URL tersebut sulit diingat. Nah, baru-baru ini TinyURL menambah fasilitas yang memungkinkan penggunanya memilih alias yang akan digunakan untuk pengalamatan, misalnya saja seperti http://tinyurl.com/maseko. Dibanding URL singkat sebelumnya, yang kedua ini tentu lebih mudah diingat.

Bukan hal baru sepertinya, karena beberapa penyedia layanan URL cloaking lain sudah ada yang menerapkan fitur custom URL seperti ini. Menurut saya, sayang jika dengan kepopulerannya, selain cara instan seperti saat ini, TinyURL tidak mencoba menjaring pendaftaran user yang nantinya diberi fasilitas statistik dari URL-URL pendek yang dimiliki mengenai berapa kali diakses, dari mana akses datang, dan lainnya. Kalau penyedia layanan lain, apakah sudah ada yang memberikan fasilitas statistik seperti ini?


-Source maseko

=====================================
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

0 Comments: