E-Commerce

Sunday, March 30, 2008

Bagaimanakah rupa bisnis masa depan ? Mungkinkah mimpi saya (dan juga mimpi banyak orang) untuk berbisnis hanya dari rumah dapat menjadi kenyataan ? Mungkin beberapa pikiran saya dapat menggambarkan bagaimana bisnis masa depan berjalan.

1.Kehadiran Website

Banyak orang mungkin hanya menganggap bahwa sebuah website hanyalah sebuah media untuk mendapatkan informasi dari internet. Tapi tahukah anda bahwa website mempunyai sebuah kekuatan lainnya ?

Dengan website anda dapat membuat sebuah revolusi dalam berbisnis. Dengan website anda dapat menjual apapun yang anda inginkan ke seluruh dunia ! Ya, tanpa batasan apapun. Inilah dunia yang akan anda hadapi di masa depan dan yang akan menghancurkan tatanan ekonomi masa kini.

Bagaimana website dapat melakukan itu ? Kita lihat point selanjutnya.

2. E-Commerce

Isu E-commerce atau perdagangan elektronik memang telah ada beberapa tahun silam. Kehadirannya telah membuat banyak bermunculan perusahaan dot com di dunia (dengan media website) yang belakangan runtuh satu per satu karena kurangnya pemahaman dan keahlian tentang teknologi internet.

Contoh perusahaan dot com yang dapat bertahan hingga kini dan terus berkembang salah satunya adalah Amazon.com . Melalui Websitenya, Amazon.com menjual berbagai benda mulai dari buku, cd, peralatan elektronik dan banyak benda lainnya ke seluruh dunia.

Tapi adakah yang pernah melihat dimana tepatnya kantor Amazon.com ? Seberapa besarkah kantor perusahaan ini ? Tidak ada yang tahu pasti, namun dengan dot com, bisnis mereka dapat terus maju hingga sekarang.

Apakah keuntungan berbisnis melalui internet ? Kita liat point ke 3.

3. Efisiensi

Yang sangat jelas keuntungan berbisnis melalui sebuah website (e-commerce) adalah hal mengenai efesiensi.Biaya sewa kantor, sewa sewa toko, sewa show room tidaklah diperlukan lagi.

Cukup dengan sebuah website dengan cost yang sangat murah anda sudah dapat menjual apapun yang anda inginkan lewat internet, apakah itu kerajinan tangan seperti furniture, tas, kalung, gelang, cincin,mobil bahkan kuda sekalipun mungkin anda jual.

Biaya untuk sewa gudang dan penumpukan barang di gudang juga dapat diminimalisasi, karena anda cukup membuat barang ketika ada pesanan. Pembayaranpun dapat langsung dilakukan dengan E-Banking . Sungguh efisien bukan ?

Namun bagaimana memasarkan dan mengenalkan website anda ke dunia ? Kita lihat point ke 4 .

4. Internet Marketing

Internet marketing adalah sebuah ilmu yang mempelajari mengenai pemasaran lewat internet. Ada berbagai cara untuk memasarkan sebuah website ke internet, namun saya tidak akan berbicara banyak disini, yang pasti inilah jalan untuk mengenalkan perusahaan anda ke dunia. Lalu apa masalah utama dari E-Commerce ? Lanjut ke point 5.

5. Masyarakat Digital

Belum adanya masyarakat digital yang luas.Apa yang dimaksud dengan masyarakat digital ? Masyarakat digital menurut saya adalah komunitas pengguna internet di dunia.

Apabila seluruh penduduk Indonesia yang 200 juta sudah dapat mengenal internet, dan seluruh penduduk dunia juga sudah dapat memakai internet sebagaimana memakai telepon, saya yakin E-commerce akan menjadi sebuah cara berbisnis paling dasyat yang ditemukan manusia.

Oleh karena itu, bangsa kita juga harus melek teknologi yang satu ini agar dimasa depan bangsa kita dapat termasuk yang terdepan.

6. Kriminalitas elektronik

Disebuah lingkaran kebaikan selalu ada setitik kejahatan, begitu pula sebaiknya. Internet dapat membuat kemajuan berarti pada peradaban manusia, namun juga kejahatan.

Pencurian kartu kredit, pemalsuan situs, pembobolan server adalah contoh bentuk-bentuk kejahatan yang harus diperangi dimasa depan. Internet Security adalah isu penting di dunia internet.

Sekian pemikiran saya tentang manfaat website, e-commerce, e-banking, internet marketing, masyarakat digital, dan kejahatan di internet. Semoga dapat bermanfaat.

0 Comments: