Fitur Search by Style pada Google Image Search

Saturday, December 27, 2008

image

Lagi-lagi Google menunjukkan hasil inovasinya dalam hal pencarian isi internet. Kali ini, fitur baru ditambahkan pada pencarian gambar melalui Google Image Search. Jika sebelumnya opsi tambahan pada penjarian hanya sebatas ukuran gambar yang dicari, kali ini telah ditambah dengan opsi search-by-style, yaitu untuk memfilter jenis gambar apa yang dicari. Untuk preferensi Google dalam Bahasa Inggris, opsi ini meliputi pilihan Any content, News content, Faces, Clip art, Line drawing, dan Photo content. Sedangkan untuk pencarian berpreferensi Bahasa Indonesia, pilihan ini masih terbatas pada Konten apa pun, Konten berita, Wajah, dan Konten foto. Dengan tambahan filter baru ini, tentunya akan semakin memudahkan pengguna untuk mencari jenis image yang dicarinya.

Misalnya saja, dengan preferensi Bahasa Inggris, saya melakukan pencarian “computer” dan memfilter untuk jenis “Clip art”, maka hasilnya akan ditampilkan image yang diperkirakan merupakan clip art dan terkait dengan komputer.


image

Meskipun dalam pencarian image dengan preferensi Bahasa Indonesia belum memasukkan pilihan Clip art dan Line drawing, tetapi pada dasarnya masih dapat dilakukan dengan mengisikan secara manual parameter imgtype pada URL yang dihasilkan dengan nilai clipart atau lineart. Ini dapat pula dilakukan ketika mencari Clip art atau Line drawing dalam Bahasa Inggris kemudian mengubah preferensi menjadi Bahasa Indonesia.

Dua hari yang lalu, saya sempat pula mencoba Picasa 3 dari Google, salah satu fitur menarik yang saya lihat adalah memilah foto-foto koleksi saya yang isinya mengandung Wajah. Mungkin baik Google Images Search maupun Google Picasa 3 menggunakan algoritma yang sama dalam bekerja.

0 Comments: