Mendapatkan Offline Installer Windows Live Essentials

Saturday, December 27, 2008

Pada tulisan Windows Live Writer 2009, di situ saya menyediakan file Writer.msi yang dapat digunakan untuk menginstall Windows Live Writer tanpa perlu terkoneksi ke internet. Seorang teman menanyakan ke saya bagaimana cara mendapatkan file Writer.msi tersebut karena Microsoft tidak menyediakan alamat download langsung ke file tersebut. Tadi siang, saya sempat memperlihatkan ke teman saya tadi bagaimana caranya saya mendapatkan file Writer.msi dan bahkan file-file aplikasi lain pada Windows Live Essentials. Dengan diperolehnya file-file ini, proses download hanya dilakukan sekali dan diini akan lebih mudah dan cocok dibagikan ke teman yang hanya menginginkan satu atau dua aplikasi yang ada pada Windows Live Essentials Beta.

Sebenarnya, cara yang saya gunakan kurang lebih sama dengan yang pernah saya lakukan untuk mendapatkan Google Chrome Offline Installer dulu. Pada awalnya saya melakukan instalasi melalui web dan terbatas untuk Windows Live Writer saja dengan menjalankan file wlsetup-web.exe. Sebelum saya melakukan instalasi, saya memastikan jika program Spy-The-Spy memang sudah aktif dan memantau folder Program Files, Windows, dan Documents and Settings sebagai lokasi yang saya perkirakan akan menjadi tempat sementara hasil proses web installer.


image

Ketika proses instalasi Windows Live Essentials berlangsung, melalui jendela Spy-The-Spy saya dapat melihat file-file yang ditambahkan pada komputer, dan salah satunya adalah file Writer.msi yang berada pada folder C:\Program Files\Common Files\Windows Live\.cache\f2ad411c1c9619e. Menjaga kemungkinan folder ini akan dihapus oleh web installer, saya masuk ke direktori C:\Program Files\Common Files\Windows Live\.cache dan saya copy ke lokasi lain semua folder yang ada. Sampai proses instalasi Windows Live Writer selesai ternyata folder dan file sementara yang didownload tersebut memang tidak dihapus. Ini berbeda dengan yang saya alami pada instalasi melalui web untuk Google Chrome yang akan terhapus setelah proses install selesai.

Pada direktori C:\Program Files\Common Files\Windows Live\.cache, dapat ditemui juga file cache.ini dan kalau dibuka dengan text editor maka dapat dilihat daftar file beserta nama aplikasi, path, dan hash-nya. Dari sini, saya mencoba hanya mengambil file Writer.msi tanpa mempedulikan file komponen lainnya seperti Windows Live Sign-in Assistant dan Windows Live Upload Tool, dan ternyata memang dapat digunakan meskipun hasil instalasi tidak akan masuk pada Add/Remove Programs di Control Panel. Jika misalnya tidak berhasil, mungkin saya akan mencoba menjalankan komponen lain yang memang diperlukan yang ada di folder-folder lain.

Lalu bagaimana saya menegtahui jika untuk melakukan proses uninstall adalah menggunakan perintah msiexec /x {6A92E5C5-0578-443D-91F3-92ECE5F2CAE2}. Ini saya lakukan dengan menelusuri registry pada KEY_CLASSES_ROOT\Installer\Products yang memang biasa digunakan untuk menyimpan data intall software. Dari path tersebut, saya mulai mencari “Writer” dan saya temukan pada path HKEY_CLASSES_ROOT\Installer\Products\5C5E29A68750D344193F29CE5E2FAC2E. Dari situ saya melihat key ProductIcon dengan Value C:\WINDOWS\Installer\{6A92E5C5-0578-443D-91F3-92ECE5F2CAE2}\ApplicationIcon.ico, yang menginformasikan bahwa product Code untuk WIndows Live Writer adalah 6A92E5C5-0578-443D-91F3-92ECE5F2CAE2. Dan ini dapat digunakan pada perintah msiexec /x untuk menguninstall-nya. Ini dipastikan juga pada path registry HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Installer\UserData\S-1-5-18\Products\5C5E29A68750D344193F29CE5E2FAC2E pada key UninstallString.

Dengan cara yang sama proses instalasi terbatas untuk Windows Live Writer tersebut dapat diterapkan pula untuk aplikasi lain pada Windows Live Essentials seperti Windows Live Messenger, Windows Mail, Windows Live Photo Gallery, Silverlight, Windows Movie Maker Beta, Family Safety, atau Windows Live Toolbar For Internet Explorer dengan tujuan mendapatkan file Offline Installer-nya beserta installer komponen yang mungkin diperlukan.

Setelah berhasil mendownload file offline installer wlsetup-all.exe dan mencoba menginstall semua aplikasi yang ada, diketahui pula bahwa akan ada folder dan file untuk tiap aplikasi dan komponen yang disimpan dalam direktori C:\Program Files\Common Files\Windows Live\.cache. Sejauh ini saya masih belum mengetahui ketergantungan komponen yang diperlukan masing-masing aplikasi pada Windows Live Essentials.

Untuk keseluruhan file yang saya dapatkan dari percobaan di atas, telah saya upload pada  Rapidshare, dan mungkin Anda akan mencoba-coba untuk menggunakan sebagai offline installer aplikasi yang diinginkan.

Untuk membantu mengetahui nama file dari aplikasi tertentu, dapat dibaca dari file cache.ini yang dapat didownload di alamat download Rapidshare tersebut.

Maksud saya menceritakan ini hanya sebatas berbagi pengalaman, yang mungkin dapat diterapkan pada aplikasi lain untuk dapat menghadirkan offline installer dari suatu program yang sepertinya masih diperlukan oleh sebagian pengguna komputer.

0 Comments: