ADrive: Just Another Free Online Storage Service

Thursday, May 15, 2008

adrive-logonew ADrive hanyalah salah satu dari sekian banyak layanan penyimpanan online dan backup file yang ada di internet dan dapat digunakan secara free atau gratis, dan memang sejauh ini belum ada opsi berbayarnya. Kapasitas yang diberikan cukup besar yaitu 50 GB dan tidak adanya batasan transfer data untuk upload dan downloadnya, tetapi sayangnya untuk download hanya bisa dilakukan melalui browser dan tidak bisa menggunakan download manager. Fitur file sharing yang ada memungkinkan file yang kita simpan dapat dipublikasikan untuk dapat didownload orang lain melalui link dalam website atau email.

Fitur yang menurut saya menarik yang disediakan oleh ADrive adalah memungkinkan melakukan transfer file ke account kita dari file yang berada dalam URL tertentu. Ini seperti fasilitas remote upload untuk account Rapidshare premium. Bedanya jika pada Rapidshare begitu memasukkan alamat file yang didownload kita bisa meninggalkan halaman, maka untuk ADrive kita musti membiarkan halaman terbuka saat proses transfer berlangsung sampai selesai.

Penggunaan fasilitas remote transfer ini misalnya ketika kita menemukan file menarik (misalnya dari pencarian Google saya menemukan alamat ini) dan karena akses internet sedang tidak mendukung, kita bisa langsung menyimpan dalam account ADrive kita untuk didownload kemudian.

Dalam file manager yang disediakan, kita dapat membuat folder baru, memindahkan file antar folder, mengubah nama file, menghapus file, dan untuk jenis file dokumen word atau excel misalnya dapat langsung dibuka dan diedit secara online dengan adanya kerjasama antara ADrive dengan Zoho.

O ya, kekurangan lain dibandingkan beberapa layanan serupa lain adalah belum disediakannya software uploader, tapi jika dilihat ini sudah masuk dalam daftar fitur yang akan diadakan kemudian.

Jika berminat untuk mencobanya, dapat langsung menuju ke website ADrive.


=====================================
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

0 Comments: