Content Dewasa dan Software Bajakan di Mosh Nokia

Wednesday, May 14, 2008

MoshPose wanita berpakaian minim tersebut muncul sebagai Popular Content pada halaman depan Mosh by Nokia dua hari yang lalu. Dengan mengklik tag yang diberikan untuk foto tersebut, serangkaian thumbnail foto sejenis nampak dalam layar komputer. Saya mencoba mengakses http://mosh.nokia.mobi melalui opera mini di perangkat handphone saya, tidak ada menu Popular Content seperti akses melalui browser komputer, tetapi dengan fasilitas pencarian keyword dan tag yang diberikan, tidak akan sulit mencari content seperti ini.

Hal yang perlu menjadi perhatian adalah sepertinya Nokia tidak menerapkan sistem untuk menangani content-content dewasa seperti ini, seperti misalnya klasifikasi yang dapat diberikan pengupload bahwa content yang diupload bersifat dewasa dan di sisi lain akses ke content semacam itu perlu konfirmasi dari pengakses untuk melihat atau tidak content yang yang bersifat dewasa, dan tentu saja, jangan sampai content semacam ini masuk dalam Popular Content seperti waktu itu.

Hal lain yang seharusnya dipersiapkan oleh Nokia adalah jika seseorang mengupload aplikasi-aplikasi yang bukan hak dari pengupload atau dengan kata lain aplikasi bajakan. Memang, karena ketidaktahuan, saya tidak dapat memastikan apakah sudah ada aplikasi sejenis ini. Tapi dengan sistem yang ada sekarang, hal tersebut sangat dimungkinkan. Kasihan kan para pengembang aplikasi, jika apliaksi yang seharusnya berbayar dapat diperoleh dengan bebas pada situs ini yang menggunakan nama sebesar Nokia.

Memang, saat ini Mosh by Nokia masih bersifat beta dan aksesnya pun terbatas. Tapi jika masih terjadi ketika terbuka untuk umum, tentu dapat menjadi perhatian bagi orang tua yang mempunyai anak-anak belum cukup umur dan para pengembang aplikasi perangkat mobile untuk dapat mendorong Nokia membatasi akses-akses yang tidak seharusnya terbuka, mengingat social networking site semacam ini mempunyai kans yang besar untuk digandrungi pengguna-pengguna dari berbagai kalangan dan usia.

=====================================
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

0 Comments: