Emulator in Nokia S60 for Symbian OS

Friday, April 04, 2008

s60-emulator-apps Nokia S60 SDKs for Symbian OS merupakan paket pengembangan perangkat lunak handhone atau perangkat lain yang menggunakan sistem operasi Symbian. Jadi memang lebih ditujukan untuk pengembang aplikasi untuk perangkat tersebut khususnya untuk perangkat keluaran Nokia. Jika saya meminta bantuan teman saya untuk mendownloadkan S60 3rd Edition SDK for Symbian OS, Feature Pack 2 tersebut yang besarnya 439 MB, tidak atau setidaknya belum untuk keperluan pengembangan softwarenya. Saya hanya penasaran dengan fitur emulator yang sebelumnya saya dengar dapat menjalankan aplikasi-aplikasi berbasis Symbian dan dan Java melalui komputer, yang bisa jadi dapat digunakan untuk menjalankan Mini Friday melalui emulator ini seperti yang banyak ditanyakan seperti dalam komentar.


s60-error-install Setelah menginstall saya pun langsung menjalankan emulator yang disediakan kemudian mengatur konektivitas internetnya. Melalui browser dalam emulator tersebut saya menuju ke situs MiniFriday dan mendownload versi untuk handphone S60 3rd Edition. Sampai akhirnya masuk pada proses instalasi apliaksi berekstensi .sisx ini. Awalnya normal, muncul pertanyaan dan konfirmasi seperti umumnya instalasi pada handphone Nokia, tapi ternyata akhirnya tidak berujung yang diharapkan, dengan munculnya pesan error Requested application access not granted seperti dalam gambar di samping.

Masih penasaran, saya mencoba mendownload dan menginstall aplikasi berbasis Symbian yang lain dan ternyata hasilnya sama saja, berakhir dengan pesan error tersebut. Setelah googling, sepertinya masalah tersebut disebabkan karena masalah signature pada aplikasi yang diinstall yang memang sudah jadi dan tidak dapat digunakan pada emulator. Yang bisa dijalankan di sini adalah aplikasi yang buat dan dikembangkan sendiri, serta diberi signature sendiri. Itu yang bisa saya tangkap yang bisa jadi tidak seluruhnya benar apa yang saya tuliskan tersebut.

Saya pun sempat mencobanya untuk menginstall aplikasi Java MIDP berkestensi .jar, dan sejauh ini dengan emulator S60 3rd Edition SDK for Symbian OS, Feature Pack 2 ini berjalan dengan baik. Tadi saya sempat mencoba untuk chatting dengan aplikasi Bing, dan keyboard komputer bisa digunakan untuk mengetik hanya saja masih repot ketika harus mengetikkan angka, karena tombol angka pada keyboard bagian atas (bukan numpad sebelah kanan) masih berfungsi layaknya angka-angka opada keypad handphone jadi harus menekan terus atau menekan beberapa kali agar angkanya muncul.

Jadi, hasil sementara ini, emulator ini tidak dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi Mini Friday atau aplikasi symbian .sis atau .sisx lain. Jika ada yang bisa mengakali atau memang ada emulator lain untuk keperluan ini silahkan berbagi.

0 Comments: