Launchy: Bukan Sekedar Peluncur Program

Friday, April 04, 2008

launchy

Jika kita termasuk orang yang malas menelusuri start menu untuk meluncurkan suatu program di Windows, atau kita tidak bermasalah dengan masalah tersebut tetapi ingin mencoba cara lain memulai program, tidak ada salahnya mencoba program yang satu ini: Launchy. Setelah menginstal dan menjalankannya, kita bisa jadi akan bingung, karena tidak ada sesuatu yang muncul termasuk di system tray. Memang, secara default Launchy berjalan di belakang layar. Untuk menggunakan tekanlah tombol [Alt]+[Spasi]. Pada kotak yang muncul cobalah ketikan suatu nama program yang ada di komputer. Dari saat kita mengetikkan karakter pertama, Launchy sudah mencoba menebak program apa yang akan kita jalankan dari icon dan nama program yang tampil di sebelah kanan. Jika sesuai yang kita inginkan, tekan [Enter] untuk menjalankan program tersebut. Selain sebagai launcher program, Launchy mempunyai sejumlah fitur lain yang tidak kalah bergunanya.

Jika menginginkan Launchy tidak hanya mengindeks program yang ada di start menu, klik kanan pada Launchy di luar text box dan pilih Directories. Di sini, kita dapat menambahkan sejumlah direktori beserta batasan jenis filenya, misalnya .mp3, .doc, .xls dan lain-lain, maka dalam pencarian, Launchy juga akan mencari file-file yang sesuai dengan kata kunci yang kita masukan.

Selain itu, Launchy juga diperlengkapi dengan sejumlah plugin. Webby plugin misalnya, digunakan untuk melakukan pencarian web. Saat ini mendukung kata kunci google, msn, yahoo, live, weather, amazon, wikipedia, dictionary, thesaurus, imdb, netflix, dan msdn. Mengetikkan wikipedia diikuti [tab] kemudian kata kunci dan menekan [enter], akan membuka browser default dan langsung mencari kata kunci tersebut dalam Wikipedia.

Plugin yang lain yaitu Foxy plugin untuk memasukkan bookmark Mozilla Firefox dalam indeks Launchy, Explory plugin untuk membuka folder dan program serta Calcy Plugin untuk menggunakan Launchy sebagai kalkulator meski hanya terbatas untuk operator +,/,-,*, dan tanda kurung.

Tertarik? Silahkan download .

0 Comments: