Menggunakan Google Translate Sebagai Proxy

Thursday, April 03, 2008

Sering terjadi, ketika website lain tidak dapat diakses, saya dapat mengakses Google dengan berbagai layanannya, terutama yang URL-nya diawali www.google.com, sedangkan yang diawali subdomain tidak dapat dibuka. Kemudian saya teringat kalau saya pernah membaca tulisan tentang bagaimana menggunakan Google sebagai proxy, tepatnya menggunakan layanan Google Translate. Saya menggunakan alamat http://www.google.com/translate_t, karena alamat lainnya di http://translate.google.com termasuk yang sering tidak dapat diakses melalui proxy kantor.

Setelah mengakses halaman http://www.google.com/translate_t, masukkan URL webste yang akan dikunjungi pada kotak input Translate a Web Page, kemudian pilih penerjemahan bahasanya, yaitu bahasa asal dan bahasa tujuan. Karena saya menginginkan halaman yang diakses bahasanya tidak perlu diterjemahkan, saya pilih bahasa asal yang diperkirakan tidak ada dalam halaman web tersebut. Seringnya saya memilih Japanese to English. Setelah mengklik tombol Translate, halaman yang saya inginkan akan muncul dengan hyperlink yang sudah disesuaian untuk memanfaatkan layanan Google Translate.

Jalan Pintas
Untuk keperluan penerjemahan suatu halaman website, Google telah menyediakan jalan pintas berupa link bookmark/favorites dengan maksud ketika mengakses halaman yang akan ‘diterjemahkan’ cukup mengklik menu pada bookmark. Jika cara ini ditujukan untuk menjadikan Google Translate sebagai proxy, untuk kasus saya, sering tidak berhasil karena akses dilakukan ke alamat yang diawali translate.google.com. Penyelesaiannya mengedit link pada bookmark dan mengganti translate.google.com dengan www.google.com.

Cara lain yang saya lakukan adalah membuat kotak dialog javascript yang menunya ditempatkan di bookmark Mozilla Firefox. Ini dimulai dengan membuka menu Bookmark — Manage Bookmark.. Ke bagian daftar bookmark yang sudah ada, klik pada bagian dimana kita akan menempatkan bookmark ini kemudian klik tombol New Bookmark, maka akan muncul kotak dialog ini
Add Google Translate to Firefox 2

Pada bagian Name isi dengan namanya, misalnya Google Proxy atau Javanese to English. Dan pada bagian Location isikan kode berikut:
javascript:void(url=prompt('Masukkan%20URL%20Halaman%20Web:%20','http://')); if(url)location.href='http://www.google.com/translate?u='+escape(url)+'&langpair=ja%7Cen&hl=en&ie=UTF8';void%201;

Setelah mengakhirinya, ketika membuka menu Bookmark akan muncul bookmark baru tadi. Jika diklik maka akan muncul kotak dialog berikut:
Add Google Translate to Firefox
Setelahnya, tinggal isikan alamat website yang akan diakses, maka akan ditampilkan halaman web yang sudah ‘diterjemahkan’.

Mengakses website melalui layanan Google Translate bisa jadi kita tidak memperoleh tampilan sebenarnya dari website tersebut dan tanpa image, karena Google hanya mengantarkan HTML dengan mengubah link-linknya. Sedangkan sumber daya lain seperti CSS dan image akses dilakukan langsung

0 Comments: