YouTube Terblokir karena 'Ulah' Satu ISP

Sunday, April 06, 2008


Sylvia Sumarlin (inet)

" kutipan dari detik.com " Jakarta - Sebagian besar pengguna internet di Indonesia dilaporkan sempat tidak bisa mengakses situs berbagi video YouTube dan sejumlah situs lain. Rupanya, hal ini gara-gara 'ulah' salah satu Internet Service Provider (ISP).
Menurut informasi yang diterima detikINET dari salah satu sumber yang tak ingin disebutkan namanya, situs YouTube tidak bisa diakses karena ada salah satu ISP yang 'berulah'. Salah satu ISP yang juga anggota APJII rupanya tengah melakukan uji coba pemblokiran YouTube di ISP miliknya.
Namun, terjadi kesalahan broadcast secara tidak sengaja yang mengakibatkan sebagian besar pengguna internet di Indonesia tak bisa mengakses YouTube dan trafik internet juga terganggu.
Ketika detikINET mengkonfirmasikan hal ini ke APJII, Ketua APJII Sylvia Sumarlin membenarkan hal itu. "Ya, memang benar terjadi kesalahan. Salah satu anggota kita tadinya mau memblokir YouTube di ISP dia, tapi salah broadcast sehingga terjadi konflik dan hubungan antara Open IXP dan IIX juga terganggu. Akibatnya trafik internet lain juga terganggu, misal ada yang tidak bisa buka situs lain," papar Sylvia yang dihubungi detikINET via telepon, Sabtu (5/4/2008).
Sampai saat ini, sepengetahuan Sylvia, masih terjadi gangguan trafik internet. Sylvia juga keberatan menyebutkan nama ISP yang melakukan kesalahan tersebut.
APJII sendiri juga sudah melakukan pemblokiran YouTube melalui IIX, namun diklaim bukan berarti akses YouTube di tanah air sudah terblokir sepenuhnya karena ada jalur lain (ISP punya redundant-red).

0 Comments: