Switch Proxy

Wednesday, April 09, 2008

switch-proxy Saya sudah cukup lama menggunakan Switch Proxy. Add-on untuk Mozilla Firefox ini memudahkan saya ketika digunakan untuk beralih proxy tanpa harus secara manual memasukkan informasi hostname dan port yang digunakan. Dengan menggunakan add-on ini, untuk beralih proxy  sesuai keperluan, saya cukup mengklik dua kali mouse. Meskipun Switch Proxy dapat diatur untuk dapat ditampilkan sekaligus sebagai toolbar, pada context menu, maupun pada status bar Firefox, saya lebih memilih hanya menampilkan dalam status bar. Tentu saja alasannya subyektif: area toolbar dan context menu instalasi Firefox saya sudah cukup padat. Tapi, melalui menu Tools — Switch Proxy pun masih tetap dapat dilakukan.

Untuk menggunakannya, saya masukkan proxy-proxy yang akan digunakan. Selain memberi nama proxy yang digunakan yang bebas kita inputkan, informasi yang dimasukkan sama seperti ketika mengkonfigurasi setting proxy default yang ada pada Firefox, memasukkan hostname dan port untuk setiap protokol, serta pengecualian yang aksesnya dilakukan tanpa melalui proxy. Atau, dapat pula mengaturnya untuk menggunakan Automatic proxy configuration URL. Setelah semua proxy dimasukkan, untuk beralih dari satu proxy ke proxy lain atau juga memlilih tanpa menggunakan proxy (None), saya cukup klik kanan pada Switch Proxy yang ada di status bar dan memilih nama proxy yang akan digunakan.

Dikaitkan dengan pemblokiran yang dilakukan oleh ISP tertentu untuk situs tertentu, mungkin banyak penggunanya yang ingin tetap mengakses dengan memanfaatkan layanan proxy gratis yang ada. Jika koleksi proxy gratis yang biasa digunakan memang ada beberapa, tidak ada salahnya mempermudah dengan Switch Proxy.

0 Comments: