Foto Rumah Bikin Google Kena Tuntut

Monday, April 07, 2008

Hanya gara-gara foto rumahnya ditampilkan di layanan online Google Street View, pasangan Aaaron dan Christine Boring jadi berang. Dua sejoli yang bermukim di Amerika Serikat (AS) itu pun tak segan mengajukan tuntutan hukum atas Google.
Awalnya, pasangan ini membeli rumah seharga USD 163.000 dengan harapan mendapatkan privasi dan ketenangan hidup. Namun setelah Google mengambil foto rumah mereka untuk ditampilkan di Street View, pasangan ini merasa terusik.

Street View sendiri adalah layanan di Google Maps yang dirilis sejak tahun 2007 di AS. Agar foto tampak detail, Google memang meluncurkan mobil khusus dilengkapi kamera untuk mengambil gambar pemandangan jalanan utama AS.
Menanggapi tuntutan tersebut, juru bicara Google Larry Yu menegaskan, Google menghormati kemauan mereka yang tak ingin gambar tertentu ditampilkan di situs. Bahkan jika perlu, Google akan segera menghapusnya.
Namun jawaban Google ini dianggap tak memuaskan. Pengacara dua sejoli tersebut menegaskan, apa yang dilakukan Google merupakan sebuah serangan terhadap privasi yang tak boleh terulang lagi di masa depan.

0 Comments: