Wetpaint: Free Hosted Wiki

Thursday, April 03, 2008

wetpaint-logo Jika Anda tergabung dalam suatu komunitas, kelompok belajar, atau model perkumpulan lainnya dan ingin mengkolaborasikan segala halnya melalui website, tidak ada salahnya jika Anda mencoba Wetpaint. Wetpaint menyediakan layanan free hosted wiki, dimana Anda dapat membuat website wiki dengan mudah tentang berbagai hal yang Anda minati yang memungkinkan Anda berkolaborasi dengan teman-teman atau anggota komunitas dan secara bersama-sama mengembangkan website tersebut.

Di websitenya dinyatakan Wetpaint mengkombinasikan konsep wiki, blog, forum dan social network. Layanan yang diberikan memang lebih ditujukan untuk suatu komunitas atau kelompok online, dimana keanggotaannya dapat diatur apakah terbuka untuk siapa-saja yang mendaftar atau terbatas untuk siapa-siapa yang diundang oleh administratornya. Jika Anda mendaftarkan diri dan membuat suatu website wiki, maka otomatis Anda menjadi  administratornya, dan selanjutnya Anda dapat menentukan angota lain sebagai administrator, moderator atau hanya sebatas anggota biasa. Seorang administrator dapat pula mengunci suatu halaman agar anggota lain tidak dapat mengubahnya. Ini misalnya untuk halaman utama atau halaman statis lain.

Suatu website wiki yang kita buat, akan mendapat alamat subdomain dari wetpaint.com, dan alamat inilah yang nantinya dapat kita gunakan untuk mencapai website wiki yang dibuat. Tetapi jika kita mempunyai domain sendiri, kita dapat menggunakannya untuk menggantikan alamat website wiki yang dibuat. Ini bisa dilakukan dari pengaturan setting, melalui menu Custom URL.

Untuk tampilan website yang dibuat, Wetpaint telah pula menyediakan berbagai template atau theme yang dapat dipilih atau kita dapat juga membuat dan mengatur theme agar benar-benar sesuai dengan selera komunitas online yang dibuat..

wetpaint-themes

wetpaint-easy-edit Fasilitas lain yang ditawarkan adalah kemudahan untuk melakukan editing isi website wiki oleh anggotanya dengan disediakannya WYSIWYG editor yang bernama EasyEdit yang memungkinkan anggota untuk membuat dan mengedit isi website tanpa mengetahui kode-kode seperti kode wiki tertentu atau HTML. Tinggal mengetikkan dan mengatur jenis font yang digunakan dari toolbar EasyEdit. Selain mengatur ukuran dan jenis font-nya, pada toolbar EasyEdit disediakan pula sarana untuk membuat link, menyisipkan image, tabel, atau suatu widget. Widget yang mungkin dapat disisipkan pun beragam dengan memanfaatkan berbagai layanan yang ada seperti memasukkan video dari YouTube atau Google Video, musik dari Imeem, menambahkan fasilitas polling dari Vizu, slideshow foto dari Photobucket, berita terakhir yang diambil dari RSS feed, dan lainnya.

wetpaint-easyedit

Selain theme, Wetpaint juga menyediakan template halaman untuk keperluan tertentu seperti kalender bulanan dan mingguan, galeri foto, dan lainnya, termasuk menambahkan sendiri template halaman yang dibuat sendiri. Ini digunakan ketika akan membuat halaman baru website yang memungkinkan penulis untuk memilih template mana yang akan dibuat.

Seperti disebutkan di atas, Wetpaint merupakan layanan free hosted wikis, yang artinya dapat digunakan dengan gratis, tanpa dipungut bayaran, dan memang sejauh ini tidak ada opsi berbayarnya. Namun begitu, tidak ada batasan berapa website wiki yang dibuat, begitu juga dengan batasan jumlah halaman dan media penyimpanan yang diperlukan. Jadi, jika memang memerlukan suatu website dengan kemampuan berkolaborasi tanpa memikirkan berbagai hal teknis, dapat langsung menggunakan layanan free website ini.

0 Comments: